Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Sunday, April 13, 2008

Pucung Maju Panen Raya Rosela

Setelah ditunggu-tunggu, salah satu anggota Koperasi Pucung Maju akhirnya mulai penen bunga teh merah rosella. Walaupun tidak seperti yang dijadwalkan, panen raya ini disambut baik oleh para anggota yang sebelumnya masih meragukan komoditi rosela diterima pasar.


Panen raya yang dijadwalkan dua bulan yang lalu, ternyata mundur akibat musim hujan yang terus mengguyur Desa Pucung. Namun, mundurnya waktu panen ini juga memberi hikmah tersendiri bagi anggota Pucung Maju. Dalam dua bulan terakhir ini banyak kunjungand ari berbagai instansi dan individu yang ingin tahu banyak tentang rosela.
Kunjungan pertama dari anggota koperasi di Kabupaten Kendal, yang ingin mengetahui lebih jauh tentang koperasi Pucung Maju dalam hal simpan pinjamnya. Dan kebetulan mereka juga sedang mengembangkan unit usaha lain yakani penanaman rosela. Sehingga, kedatangan ke Pucung Maju menurut mereka setali tiga uang. "Kita sudah mengelola koperasi selama 2 tahun, tetapi perkembangannya kurang baik. Banyak uang yang mengendap. Akhirnya, anggota-anggota sepakat untuk mengelola unit usaha lain yakni rosela" tutur salahs atu pengurus koperasi dari Kabupaten kendal itu.

Aliran kunjungan juga datang dari mahasiswa UNDIP Semarang yang ingin melakukan riset tentang pengelolaan rosela. Mereka datang pertama kali melakukan survey lokasi dan tanaman. Survey kali ini, mereka jadidkan sebagai basis analisa dalam pebuatan proposalnya. Setelah satu bulan, tepatnya 13 April kemarin, mereka berempat datang lagi ke Desa Pucung. Dan khabar baiknya, proposal proyek mereka disetujui untuk diteruskan. "Kami senang dengan adanya Koperasi Pucung Maju yang menanam rosela. Karena selama ini kami ingin meneliti, tidak pernah menemukan pola penanaman yang seperti di Pucung Maju. Semoga riset kami nanti bermanfaat bagi warga desa" kata salah satu mahasiswa Undip tersebut.

Penanaman rosela ini sekaligus membawa berkah tersendiri. Menurut, Ketua Koperasi Pucung Maju, setelah penanaman perdana ini, anggota-anggota semakin semangat untuk nguri-nguri koperasi demi kemajuan desa. Selain itu, pintu jaringaan dengan dunia luar dan kota-kota lain tiba-tiba terbuka. " Banyak orang yang telp saya untuk melakukan kerjasama dengan Koperasi Pucung Maju, tidak hanya dalam pengelolaan rosela saja. Bahkan ada yang datang dari Nigeria menawarkan kerja sama. Dia orang Indonesia, tetapi kerja di Nigeria." tegasnya.


No comments: