Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Friday, January 9, 2009

5 Anggota Pucung Maju Berharap Pada Rumput Gajah


Setelah sekian lama resah tentang proyek PLA dari DEPTAN, akhirnya 5 dari anggota Kelompok Wanita Tani Pucung Maju mengundang pelaksana proyek pembukaan lahan kritis di Mbang Sewu, kawasan gundul di sebelah barat desa. Dalam pertemuan yang dilakukan di rumah M Rudjianto tersebut, dihadiri 7 orang termasuk Rofik yang menjadi pelaksana proyek.

Pertemuan tersebut sengaja dirancang untuk mencari duduk perkara dari persoalan tersebut. Menurut Rofik, proyek itu adalah proyek yang didapat dari PLA DEPTAN berupa pembukaan lahan yang dianggap kritis dengan menanami rumput gajah yang kelak bisa dimanfaatkan oleh pemilik lahan itu sendiri. Namun, secara pribadi dia meminta maaf karena tidak membicarakan sejak awal dengan kelompok tani dengan alasan waktunya yang mepet. Hal ini tentu saja mengecewakan warga, karena Rofik sendiri tidak memiliki lahan di kawasan Mbang Sewu tersebut. Menurut warga, tindakan Rofik ini tidak patut dicontoh karena dia sebagai aparat pemerintah desa justru "bermain" sendiri untuk mencari keuntungan pribadi.

Dalam pertemuan tersebut, akhirnya disepakati untuk selalu melibatkan warga luas jika ada proyek/kegiatan ataupun persoalan lain yang berhubungan dengan warga desa umumnya.

Semoga, pertemuan itu menjadi pelajaran berharga, bahwa orang desa juga tahu tentang demokrasi, keadilan sosial, dan cara-cara memperjuangkannya. Jangan remehkan orang desa. Mungkin ini dulu khabar dari Pucung Maju.

NB: pembukaan lahan yang sekarang ditanami rumput gajah itu, diharapkan tahun depan benar-benar bisa memberi manfaat dengan peternakan sapi. Selain itu sebagian warga sudah menanami pohon sengon dan jati di sela-selanya.

No comments: