Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Wednesday, February 6, 2008

Koperasi Pucung Maju Menanam Teh Merah Bunga Rosella


Koperasi Pucung Maju Menanam Teh Merah Bunga Rosella

Tiga puluh warga penduduk Desa Pucung Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang sepakat mendirikan koperasi yang diberi nama Koperasi Pucung Maju. Saat pendirian dan RAT pertama, terkumpul modal 1,2 juta rupiah. Modal ini kemudian dikelola menjadi unit simpan pinjam bagi anggotanya. Menurut Ketua Koperasi Pucung Maju, Darojah bahwa selama ini warga Pucung sangat sulit mendapat akses modal selain karena tidak ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Semarang maupun Kecamatan dikarenakan desanya yang terpencil. "Usaha koperasi ini untuk membantu diri kita sendiri kalau misalnya kita membutuhkan dana mendadak, seperti biaya pendidikan anak, biaya kesehatan keluarga maupun untuk modal usaha bagi anggotanya", jelas Darojah yang juga sebagai guru TK di desa tersebut.



Untuk memperkuat koperasinya, mereka membuat program menanam teh merah bunga rosella yang selama ini dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Apalagi profesi mereka yang sebagian besar adalah petani, menanam teh merah bunga rosella ini tidak membuat mereka kesulitan. "Bunga rosella ini kita juga masih buta, tetapi menurut informasi teh merah rosella baik untuk kesehatan. Jadi kalaupun tidak dijual, teh merah bisa menjadi pengganti teh yang biasanya kita harus membeli. Selain membuat kita sehat, kita bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga", kata Darjoah.

Penanaman teh merah ini memang dikoordinasi oleh koperasi, tetapi penanamannnya diserahkan ke anggota masing-masing. Koperasi hanya menyediakan benihnya saja yang didapat dari Jawa Timur. Sekitar bulan April tahun 2007 kedepan, diharapkan mereka sudah panen teh merah ini.

Darodjah

+6281318490336

Koperasi Pucung Maju

Desa Pucung Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang

3 comments:

junaedi said...

Yth. Ketua Koperasi Pucung Maju,
Kami dari sub bag pemberdayaan informasi masyarakat menyampaikan salut dan penghargaan atas usaha warga mengelola koperasi dan budidaya teh merah bunga rosela. saat ini informasi tersebut telah kami posting di ikon berita www.semarangkab.go.id
Kami menghargai jika ada informasi menarik lainnya, anda bersedia mengirim ke e-mail kami di humas_kabsemarang97@yahoo.co.id

history said...

hebat.., ngomong2 soal teh rosela. koperasi pucungmaju bisa bantu carikan pasarnya. Kemarin petani di desa pucunglor-kecamatan ngantru, menanam rosesla banyak sekali. tetapi pas di panen kesulitan mencari pembelinya. trimakasih.

kembang rosella said...

Kami menjual dan menyediakan Tanaman Herbal Bunga Rosella Kering sbg bahan baku Teh merah dengan kwalitas SUPER, kelopak utuh, kadar air 2%, warna bagus dan aroma wangi khas Rosella. Mumpung kami baru panen dan harga kami discount gila-gila-an. Silahkan hub +6281805086394 segera, agar anda dapatkan barang baru yang supwer murah dengan kwalitas Export. Buktikan dan kami tunggu di no hp kami 081805086394. Kami juga menjual benihnya yang berkwalitas SUPER yg hanya diperuntukan pembenihan