Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Friday, February 8, 2008

Setelah Koperasi Berjalan, Mereka Membangun Kelompok Wanita Tani Pucung Maju

Koperasi yang awalnya beranggotakan 22 orang, dalam tiga bulan ini sudah bertambah anggotanya menjadi 36 orang. Modalnyapun sudah cukup banyak, yakni Rp. 7 juta dari 1,2 juta rupiah sebagai modal awal pendirian. Koperasi yang kegiatan transaksinya setiap senin malam dalam seminggunya, ramai di datangi para anggotanya yang sebelumnya tidak pernah berkoperasi. Menurut mereka dengan adanya koperasi ini hubungan dengan tetangga lebih baik karena bertemu seminggu sekali. “Rasanya tidak puas kalau tidak datang dan kumpul bareng-bareng di pertemuan koperasi” kata Siti Hikmah salahs atu anggotanya.



Keberhasilan berkoperasi ini kemudian menjalar ke pemikiran yang lebih luas dar para anggotanya. Setelah merasakan manfaat bergabung dalam sebuah kelompok, mereka kemudian mendirikan Kelompok Wanita Tani Pucung Maju. Namanya disamakan dengan koperasi karena anggotanya sebagian besar adalah anggota koperasi. Saat ini sudah ada anggota yang bergabung sebanyak 55 orang. Mereka melakukan pertemuan sebulan sekali di salah satu rumah anggota. Tidak main-main, mereka juga melakukan iuran anggota selayaknya organisasi yang benar-benar nyata.

Dalam pertemuan ini, mereka membicarakan masalah pertanian dan lingkungan desa mereka yang selama ini memang tidak pernah dibicarakan bersama-sama. Dengan berkumpul dan berembug bersama, harapan mereka bisa lebih jelas dan cepat penyelesaiannya. Mereka, para perempuan desa ini, mulai mengubah wajah desa yang sunyi senyap. Mungkin gerakan ini tidak dilirik oleh para aparat pemerintah. Namun, gerakan di desa ini merupakan bagian dari gerakan besar perubahan yang selama ini terus dibicarakan oleh kaum intelektual dan cerdik pandai, namun tidak pernah terealisasi. Hanya selesai di diskusi dan seminar. Sebaliknya, kaum perempuan yang tergabung dalam Pucung Maju ini telah melakukan perubahan yang kongkrit di sekitarnya. Semoga harapannya terpenuhi sesuai namanya. Pucung pasti maju.


Darodjah
+6281318490336
Kelompok Wanita Tani Pucung Maju
Desa Pucung Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang
Blog: www.pucungmaju.blogspot.com
E-mail: pucungmaju@gmail.com

No comments: