Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Tuesday, December 2, 2008

PROYEK MASUK DESA : BAHAYA BARU

Di desa kami Pucung, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, ada persoalan yang miris. Ada lahan 40 ha yang itu merupakan lahan kepemilikan dari puluhan orang. Namun, lahan itu tanah kering dan tandus, sehingga oleh pemerintah dijadikan lahan konservasi dengan penanaman jati sejak tahun 2005 yang nantinya akan dipanen warganya. Namun, saat ini justru menjadi proyek yang konon didanai oleh PLA DEPTAN. dengan menggunakan partner lokal (warga desa sendiri). Mereka akan membangun proyek penanaman rumput gajah, untuk dijadikan sebagai pakan ternak.

Yang jadi persoalan, lahan tersebut tidak disewa dan pemilik lahan tidak diberi kompensasi. Partner lokal ini hanya mengatakan bahwa mau menanam rumput gajah dengan iming-iming lahannya mau dibajak dan dipupuk, dan masyarakat boleh menanam apa saja. Tetapi partner lokal ini tidak menjelaskan kalo lahan ternyata "digalengi" dengan rapat, sehingga pemilik lahan sudah tidak mungkin lagi bisa menamam, karena pasti akan kalah dengan rumput gajah. Hal ini meresahkan warga tentunya.

Sayangnya, aparat desanya juga cuek saja. Proyek ini konon menelan anggaran 400juta. Dan dapat dipastikan pemilik lahannya tidak akan mendapat apa-apa kelak. Tetapi ini belum menjadi kesadaran warga desa, karena mereka justru dibuai dengan dijadikan tenaga kerja. Mohon Dinas terkait memonitor kasus-kasus seperti ini, agar investor yang masuk ke pelosok seperti desa kami tidak senaknya saja membuat proyek yang merugikan masyarakat.


No comments: