Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Thursday, April 2, 2009

Kunjungan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi ke Pucung Maju

1 April 2009, Pucung Maju kedatangan tamu kembali. Kali ini datang dari Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi Malang Jawa Timur dan Ungaran Jawa Tengah. 4 tamu yang datang itu secara khusus membicarakan tanaman rosela sebagai komoditi pertanian baru yang sudah dikembangkan lebih dari setahun. Dalam kesempatan itu, tamu dari BPPT menyempatkan diri berkunjung ke kebun-kebun anggota dan mengambil beberapa sample. Mereka juga mendokumentasikan dengan menggunakan foto digital.

Walaupun belum ada bentuk kerjasama yang konkrit, namun kunjungan ini cukup menggembirakan. Karena selama ini, Pucung Maju adalah kelompok tani dan sekaligus koperasi rakyat di desa terpencil. Sebelum munculnya kelompok Pucung Maju, desa ini tidak pernah dikunjungi oleh tamu-tamu dari luar daerah. Namun, setelah sekian lama eskis, sudah banyak kunjungan baik dari pemerintah, mahasiswa UNDIP Semarang, maupun dari para bebisnis yang tertarik dengan berbagai macam komoditi yang sekarang dikembangkan. Semoga, kedepan Pucung Maju bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa ini. Dan yang paling penting, pengalaman Pucung Maju ini bisa menjadi inspirasi warga desa lain. Bahwa, desa terbelakang dan terpencilpun bisa membawa perubahan dan kontribusi terhadap pembangunan masyarakatnya.

1 comment:

dor said...

hai aku juga orang pucung lho forumya semoga sukses ya.