Pucung Maju

Pucung Maju adalah nama sebuah koperasi dan sekaligus kelompok wanita tani di Desa Pucung Kec.Bancak Kab.Semarang Jateng. Letaknya lebih dekat dengan kota Salatiga, sekitar 15 km ke arah timur laut.

KONTAK PERSON:

Darojah-081318490336

Saturday, September 5, 2009

Setelah Tiga Tahun, Koperasi Perempuan Mulai Memetik Hasilnya

Tidak terasa, koperasi sudah berjalan 3 tahun. Seperti bisanya, menjelang hari raya lebaran, proses rapat anggota akan dilakukan. Dan yang ditunggu-tunggu anggota adalah pembagian SHU, sisa keuntungan koperasi. Dalam pertemuan malam itu, pengurus mencoba membuat mekanisme baru tentang pembagian SHU, dimana dari total bersih pendapatan dialokasikan ke dana cadangan sebesar 30% yang akan digunakan untuk mengembangkan koperasi kedepan. Selain itu juga dialokasikan untuk pengurus yang setiap malam selasa melayani transaksi anggota sebesar 20 %. Sisanya, ini yang dibagikan kepada anggota semua, yakni 50 %nya.

Dalam pertemuan itu, setelah dihitung akhirnya ketemu SHU yang cukup menggembirakan, yakni sebesar 3,5 juta. Menariknya lagi, selama ini warga desa tidak pernah menabung, setelah ada koperasi banyak yang menabung hingga terkumpul 5 juta dalam buku salah satu anggota. Tentu saja hal ini menggembirakan karena, mereka warga desa yang tidak bisa mengakses bank di kota, akhirnya punya media menabung. Selain itu menabung di koperasinya, ada manfaat sosial dimana uang itu bisa diputar dalam pelayanan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan.

Keberhasilan koperasi pucung maju dalam mengelola uang memang tidak mulus dan lurus. Banyak halangan dan rintangan karena mereka hidup face to face antar warga. Pernah terjadi misalnya, anggapan kalau koperasi itu sama dengan rentenir yang dalam agama itu haram. Dan yang mengatakan itu adalah tokoh di desa tersebut. Namun, setelah ditelusuri dan kemudian didiskusikan, ada pemahaman baru bahwa koperasi tidak merugikan siapa-siapa justru memberi nilai manfaat bagi anggota. Sehingga, wajib hukumnya jalan terus. Dan mereka juga berpatokan bawa di pesantren juga ada koperasi yang namanya kopontren. Kalau koperasi itu haram, maka kopontren semestinya tidak ada.

No comments: